TIM PKM FARMASI UMI BUAT MINUMAN BOOSTER TEA DI TAKALAR

by -53 views

TAKALAR–Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia tidak berhenti dalam pengembangan inovasi melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM). Dalam bulan November ini Tim PkM Fakultas Farmasi UMI melaksanakan pengembangan inovasi Pembuatan sediaan minuman Booster Tea untuk peningkat imunitas tubuh di Desa Sanrobone Kabupaten Takalar. Selain dari anggota Tim PkM yang mengikuti penyuluhan dalam pembuatan minuman Booster Tea, turut juga beberapa sitivitas Fakultas Farmasi dan Aparat Desa, kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Sanrobone.

Kegiatan tersebut di Ketua oleh apt. Virsa Handayani, M.Farm mengungkapkan (16/11/2022) bahwa Pandemi Covid-19 telah terjadi di Indonesia bahkan diseluruh dunia. Saat ini tahap Pandemi telah berubah menjadi endemik dan masyarakat tetap membutuhkan peningkat imunitas tubuh serta penolak masuk angina, terang Virsa dalam rilisnya.

Sementara apt. Aktsar Roskiana Ahmad, Ph.D selaku anggota Tim PkM menyampaikan bahwa minimnya pengetahuan masyarakat dalam menjaga imunitas tubuh khususnya dengan memanfaatkan tumbuhan herbal, sehingga dapat membuat masyarakat mudah terjangkit virus ini yang saat ini menjadi penyakit global, ungkapnya.

Sementara Andi Amaliah, M.Si selaku Anggota Tim PkM mengatakan bahwa kurangnya pengetahuan dalam pemanfaatan tanaman herbal untuk pengobatan dan meningkatkan imunitas tubuh khususnya masyarakat Desa Sanrobne. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya memanfaatkan tumbuhan sekitar yang hanya sebatas tumbuhan hias, kebutuhan pokok ataupun bumbu dapur.

Untuk mengatasi pengetahuan yang minim dan untuk mengembangjkan pengetahuan masyarakat maka dilakukanlah metode edukasi, penyuluhan dan pembuatan sediaan dari tanaman yang memiliki potensi sebagai bahan obat tradisional. Dalam hal ini yaitu pembuatan minuman dalam bentuk sediaan teh herbal peningkat imunitas tubuh dimana tanaman herbal yang di gunakan banyak ditemukan di desa Sanrobone Kabupaten Takalar. Potensi tanaman tersebut dapat membantu masyarakat dalam aplikatif obat tradisional yang berbasis hasil penelitian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.